Memiliki saluran air panas di rumah kini seakan sudah menjadi kebutuhan gaya hidup modern. Sistem perpipaan air panas di rumah memiliki berbagai kegunaan, seperti menyediakan air panas untuk mandi dan membersihkan peralatan makanan di dapur. Jika Sahabat Rucika ingin memasang saluran air panas di rumah, Sahabat Rucika memerlukan pipa khusus yang mampu mengalirkan air panas. Karena tidak semua pipa bisa digunakan untuk mengalirkan air panas.

Maka dari itu, pemilihan jenis pipa yang tepat untuk air panas sangatlah penting untuk memastikan kelancaran aliran air dan meminimalisir risiko kebocoran dan kerusakan.

Jenis-Jenis Pipa Saluran Air Panas

Pipa PEX

Pipa PEX (Cross-linked Polyethylene) merupakan jenis pipa plastik yang biasa digunakan untuk sistem menyediakan air panas. Pipa PEX memiliki beberapa keunggulan, termasuk fleksibilitas yang baik, tahan terhadap korosi, tahan terhadap suhu tinggi, dan biaya yang relatif rendah. Pipa ini juga sering digunakan sebagai alternatif pipa tembaga untuk kebutuhan sistem saluran air panas. Namun sayangnya, pipa PEX memiliki batasan suhu tertentu, sehingga tidak cocok untuk air panas dengan suhu yang sangat tinggi.

Pipa CPVC

Pipa CPVC (Chlorinated Polyvinyl Chloride) adalah jenis pipa plastik yang umum digunakan untuk berbagai aplikasi saluran air, termasuk sistem saluran air panas. Dibuat dengan memodifikasi polivinil klorida (PVC) melalui proses klorinasi, pipa CPVC memiliki tingkat toleransi terhadap suhu tinggi dan tahan terhadap korosi, sehingga cocok untuk instalasi air panas. Namun, pipa CPVC juga memiliki beberapa kekurangan, seperti rentan terhadap kerusakan jika mengalami tekanan yang terlalu kuat dan harganya juga cenderung mahal.

Pipa PPR

Pipa PPR atau (Polypropylene Random) merupakan jenis pipa plastik yang terbuat dari polipropilena acak yang memiliki tingkat ketahanan suhu panas hingga 260 derajat celcius, sehingga cocok untuk pengaplikasian saluran air panas. Kelebihan utama dari pipa PPR adalah ketahanannya terhadap suhu tinggi, korosi, dan tekanan. Maka dari itu, tak heran jika masa pemakaiannya bisa mencapai 50 tahun. Selain itu, permukaan pipa PRR juga licin, sehingga kotoran yang mengalir bersama aliran air tidak akan mengendap di dalam pipa.

Salah satu rekomendasi produk pipa PPR yang bisa Sahabat Rucika gunakan untuk saluran air panas di rumah adalah Rucika Kelen Green yang terbuat dari material Polypropylene Random Type 3. Secara umum, pipa Rucika Kelen Green dapat digunakan untuk instalasi sanitasi dan saluran air higienis, seperti instalasi air panas dan air dingin, hingga instalasi air bersih bertekanan.

Dengan desain yang inovatif dan sistem koneksi yang mudah, Rucika Kelen Green menjadi pilihan yang tepat untuk saluran air panas Sahabat Rucika.

Tips Penting dalam Pemasangan Pipa Air Panas

Selain pemilih jenis pipa yang tepat, ​​pemasangan pipa air panas memerlukan kehati-hatian dan keahlian khusus untuk memastikan kelancaran aliran air dan mencegah kerusakan pada pipa. Beberapa tips penting saat memasang pipa air panas antara lain memastikan bahwa permukaan pemasangan bersih dan rata, menggunakan alat dan fitting yang sesuai, serta melakukan pengujian tekanan untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Dengan mengetahui berbagai jenis pipa air panas serta cara memasangnya dengan benar, Sahabat Rucika dapat memastikan sistem saluran air panas di rumah atau bangunan berjalan dengan lancar dan efisien. Pilihlah jenis pipa yang sesuai dengan kebutuhan dan percayakan pemasangannya kepada tenaga profesional untuk hasil yang terbaik.

 

 

Sumber : Rucika